cover
Contact Name
Sangidatus sholiha
Contact Email
sangidatus@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
sangidatus@gmail.com
Editorial Address
Jl. Ki Hajar Dewantara No. 116, 15A Iringmulyo, Metro Timur, Kota Metro, Lampung
Location
Kota metro,
Lampung
INDONESIA
Edunomia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
ISSN : 27465578     EISSN : 27465586     DOI : http://dx.doi.org/1024127
EDUNOMIA is a journal of economic education of FKIP of Universitas Muhammadiyah Metro. This journal published two times a year every May and November, to accommodate the results of research, articles and scientific papers, to the entire course of economic education in Indonesia
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2022): November" : 10 Documents clear
PERAN DAN KUALITAS DOSEN PEMBIMBING DALAM PENYELESAIAN TUGAS AKHIR MAHASISWA PERBANKAN SYARIAH Lemiyana Lemiyana; Aziz Septiatin
EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 3 No 1 (2022): November
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/edunomia.v3i1.2877

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan kualitas pengawas dalam menyelesaikan tugas akhir mahasiswa program studi Perbankan Syariah FEBI UIN Raden Fatah Palembang. Penelitian ini menggunakan metode survei. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peran, kualitas supervisor dan penyelesaian tugas akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peran supervisor berpengaruh terhadap penyelesaian tugas akhir (2) kualitas supervisor berpengaruh terhadap penyelesaian tugas akhir mahasiswa
PENGARUH PERAN PEMERINTAH SEBAGAI INVESTOR DALAM PERTUMBUHAN PEREKONOMIAN INDONESIA Padilla Hawanda; Arifah Nasution; Sakkot Muda Harahap
EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 3 No 1 (2022): November
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/edunomia.v3i1.2879

Abstract

Pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan adalah pertumbuhan yang ditopang oleh investasi, karena pertumbuhan ini dianggap dapat meningkatkan produktivitas sehingga membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Untuk mencapai keberhasilan pertumbuhan ekonomi baik ditingkat pusat maupun daerah. Diperlukan peran serta baik dari masyarakat maupun pemerintah dalam mencapai tujuan tersebut
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CO-OP CO-OP BERBANTU MEDIA LCD PROYEKTOR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Study Kasus Kelas X Di MA Nurul Huda Sukaraja) Atik Mufridatul Khasanah; Kardoyo Kardoyo; Jarot Tri Bowo Santoso
EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 3 No 1 (2022): November
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/edunomia.v3i1.2880

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran co-op co-op berbantu media LCD Proyektor pada mata pelajaran Ekonomi. Adapun jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan (Research and Development). Sedangkan untuk model pengembangannya sendiri menggunakan 10 langkah pengembangan dari Borg and Gall yang dibatasi pada 5 langkah yaitu persiapan, pengembangan, pelaksanaan, evaluasi, dan revisi. Model ini sebelumnya sudah dinyatakan layak oleh validator materi dan validator media. Adapun diperoleh hasil nilai mean sebelum menggunakan media LCD Proyektor sebesar 31,5 dan nilai mean sesudah menggunakan media LCD Proyektor sebesar 40,1. Sehingga diperoleh hasil peningkatan nilai mean sebesar 8,6. Jika taraf signifikansi 0,025 (p), maka z tabel sebesar 1,96 dan z hitung sebesar 2,81. Jadi karena z hitung > z tabel berarti model pembelajaran CO-OP CO-OP Berbantu media LCD Proyektor “layak” digunakan untuk pembelajaran ekonomi
PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL AKUNTANSI UNTUK SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMKN 1 JEMBER Sahrul Ginanjar; Tiara Tiara; Sri Kantun
EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 3 No 1 (2022): November
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/edunomia.v3i1.2881

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk pembelajaran berupa modul digital yang menarik dan efektif pada KD pencatatan persediaan barang dagang secara perpetual untuk siswa Kelas XI Akuntansi SMKN 1 Jember. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitianini yaitu model pengembangan Borg dan Gall. Uji coba skala kecil dilakukan pada 9 siswa kelas XI Akuntansi 3 dan uji coba skala besar dilakukan 36 siswa kelas XI Akuntansi 1 sebagai kelompok eksperimen dan 34 siswa kelas XI Akuntansi 2 sebagai kelompok kontrol. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji tingkat daya tarik modul digital dan uji tingkat efektivitas modul digital. Hasil uji tingkat daya tarik modul digital pada uji coba skala kecil yakni 85,40% (sangat menarik) dan uji coba skala besar yakni 87,62% (sangat menarik). Modul digital juga dinyatakan efektif berdasarkan hasil uji beda antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yakni Sig (2- tailed)=0,00<0,05 yang menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok tersebut. Hasil dari uji tingkat daya tarik dan uji efektivitas menyatakan modul digital terbukti lebih menarik dan lebih efektif digunakan dalam pembelajaran pada KD pencatatan persediaan barang dagang secara perpetual. Pengembangan Modul digital ini diharapkan dapat membantu pembelajaran jarak jauh akibat pandemi Covid-19
ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE HARGA POKOK PESANAN PADA UD. MEBEL RIZKY JAYA KABUPATEN PROBOLINGGO Aina Nadhirah Fatin; Tiara Tiara; Sri Kantun
EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 3 No 1 (2022): November
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/edunomia.v3i1.2882

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perhitungan harga pokok produksi dengan menggunakan metode harga pokok pesanan pada UD. Mebel Rizky Jaya Kabupaten Probolinggo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive area yaitu di UD. Mebel Rizky Jaya Kabupaten Probolinggo. Metode pengumpulan data menggunakan dokumen, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kuantitatif yaitu dengan menganalisis perhitungan harga pokok produksi dengan menggunakan metode harga pokok pesanan pada UD. Mebel Rizky Jaya di Kabupaten Probolinggo ditinjau dari biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya overhead pabrik (BOP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan perhitungan harga pokok produksi pesanan lemari sliding yang dibebankan dengan harga pokok produksi pesanan lemari sliding yang sebenarnya. Hal ini karena UD. Mebel Rizky Jaya Kabupaten Probolinggo hanya membebankan komponen BOP berupa bahan penolong dan biaya listrik. Komponen BOP lainnya seperti biaya penyusutan aset tetap, biaya telepon, biaya sewa gedung, dan biaya bahan bakar tidak termasuk. Selain itu, UD. Mebel Rizky Jaya Kabupaten Probolinggo tidak menghitung BOP dengan tarif yang telah ditetapkan di awal, sehingga BOP yang dibebankan pada pesanan lemari sliding baik polos maupun ukir masih kurang tepat.
PENGARUH AUDIT EKTSTERNAL DAN AUDIT FEE TERHADAP AUDIT FRAUD Russel Hizkia; Harlyn L. Siagian
EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 3 No 1 (2022): November
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/edunomia.v3i1.2883

Abstract

kadang dalam aporan keuangan terjadi salah pencatatan ( human error ) dan kecurangan. Kecurangan sendiri datang dari oknum yang tidak bertanggung jawab. Dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk memberikan keyakinan yang akan melaporkan laporan keuangan sehingga kejadian baik ( penipuan ). Sampel yang diperoleh dari dua perusahaan, yaitu PT. Melchor Indonesia dan PT. Sistem Paket Indonesia . Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner. Sedangangkan metode dalam pengolahan data atau analisis data menggunakan convenience sampling.hasil Berdasarkan yang didapat bahwa nilai dari audit fee dan audit eksternal mempengaruhi nilai audit fraud.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF IPS TERPADU BERBASIS ARTICULATE STORYLINE KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 METRO Tini Suprihatin; Meyta Pritandhari; Tiara Anggia Dewi
EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 3 No 1 (2022): November
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/edunomia.v3i1.2887

Abstract

Pemilihan media pembelajaran harus disesuaikan dengan karakteristik peserta didik, karena hal tersebut bisa menumbuhkan minat belajar peserta didik. Penggunaan media pembelajaran di SMP Muhammadiyah 3 Metro masih belum sepenuhnya memenuhi kebutuhan peserta didik, karena media yang digunakan belum dilengkapi dengan multimedia interaktif. Sehingga diperlukan media yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan bisa membuat peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif IPS Terpadu berbasis articulate storyline yang valid dan praktis. Media pembelajaran interaktif tersebut memuat tentang ringkasan materi, yang didalamnya terdapat fitur-fitur tambahan seperti adanya animasi, karakter, audio, musik dan gambar yang dibuat sesuai dengan karakteristik peserta didik kelas VIII. Model pengembangan yang digunakan peneliti adalah model ADDIE. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran interaktif IPS Terpadu berbasis articulate storyline valid untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil validasi ahli media dengan rata-rata 76% kriteria kuat, ahli materi dengan rata-rata 96% dengan kriteria sangat kuat. Selanjutnya hasil ujikepraktisan yang dilakukan oleh peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Metro, dengan rata-rata 92,6% dengan kriteria sangat kuat. Berdasarkan hasil rekapitulasi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif IPS Terpadu berbasis articulate storyline valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran
PENGEMBANGAN GAME EDUKATIF “NOMIC SMART” BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KELAS X SMA Eka Olifia Afianti; Triani Ratnawuri; Meyta Pritandhari
EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 3 No 1 (2022): November
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/edunomia.v3i1.2888

Abstract

Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan informasi dalam proses pembelajaran. Perkembangan media pembelajaran di era revolusi industri 4.0 dapat memudahkan proses pembelajaran dari segi efektivitas dan efesiensi, salah satunya media pembelajaran berbasis teknologi android. Hasil prasurvei pada guru dan peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 2 Metro diketahui bahwa media pembelajaran yang digunakan guru belum bisa menarik minat belajar peserta didik. Maka diperlukan media pembelajaran yang dapat digunakan kapan saja dan dimana saja untuk semua peserta didik dan juga untuk mengikuti perkembangan teknologi, yaitu media pembelajaran berupa pengembangan aplikasi yang dapat digunakan peserta didik yaitu pengembangan media pembelajaran Game Edukatif “Nomic Smart” Berbasis Android. Tujuan dari pengembangan ini adalah menghasilkan aplikasi media pembelajaran Game Edukatif “Nomic Smart” Berbasis Android yang valid dan praktis. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang meliputi: define, design, development, dan disseminate. Berdasarkan hasil penelitian menujukan bahwa game edukatif “nomic smart” berbasis android pada mata pelajaran ekonomi layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil validasi ahli media dengan rata-rata presentase 95,3% kriteria sangat kuat, ahli materi dengan rata-rata presentase 96% dengan kriteria sangat kuat. Hasil uji coba produk kepada peserta didik dengan rata-rata presentase 97,6% kriteria sangat kuat. Berdasarkan rekapitulasi tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran game edukatif “nomic smart” berbasis android merupakan media pembelajaran yang sangat layak dan praktis dalam proses pembelajaran.
PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, MODAL USAHA DAN EKSPEKTASI PENDAPATAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA SISWA Indri Setiani; Widya Hestiningtyas; I Komang Winatha; Nurdin Nurdin
EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 3 No 1 (2022): November
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/edunomia.v3i1.2896

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kewirausahaan, modal usaha dan ekspektasi pendapatan terhadap minat berwirausaha pada siswa SMAN 1 Seputih Banyak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 942 siswa SMAN 1 Seputih Banyak. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan mengunakan teknik Purposive Sampling yang berjumlah 90 siswa SMAN 1 Seputih Banyak berdasarkan hasil perhitungan rumus T Yamane. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Pengujian hipotesis secara parsial dilakukan melalui uji t dan secara simultan dilakukan dengan melalui uji F. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh baik secara parsial atau simultan antara pendidikan kewirausahaan, modal usaha dan ekspektasi pendapatan terhadap minat berwirausaha pada siswa SMAN 1 Seputih Banyak. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, diperoleh = 20,769 dan = 2,71 yang berarti bahwa > dengan kadar determinasi sebesar 0,420 atau 42% dan sisanya 58% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
PENDIDIKAN SEBAGAI INVESTASI SUMBER DAYA MANUSIA Diana Riski Sapitri Siregar; Sita Ratnaningsih; Nurochim Nurochim
EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 3 No 1 (2022): November
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/edunomia.v3i1.3017

Abstract

Persoalan pendidikan sebagai investasi merupakan isu yang kompleks dan tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia. Pembahasan tentang investasi pendidikan ini akan lebih cermat lagi apabila kita juga menyadari berbagai keterbatasan yang melekat kepada investasi pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pendidikan sebagai investasi sumber daya manusia. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode library research, data dikumpulkan melalui studi dokumentasi berupa buku-buku dan artikel yang relevan, teknik analisis data dimulai dari mereduksi data, mengkaji data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan sebagai investasi dapat dilihat dari tiga tataran, yaitu 1) tataran makro pendidkan, 2) mikro pendidikan, dan 3) proses belajar mengajar di kelas. Secara makro, dibalik pemahaman pendidikan sebagai investasi, terkandung konsep pendekatan yang meletakkan pendidikan dalam konteks sistem yang lebih luas, yaitu pertumbuhan ekonomi atau pembangunan bangsa. Artinya, produk pendidikan tidak semata-mata dilihat sebagai luaran yang berdiri sendiri melainkan juga merupakan masukan komponen dari sistem yang lebih luas. Perlu diingat bahwa sumber daya yang perlu diinvestasikan dibidang pendidikan tidak hanya menyangkut anggaran, tetapi juga sumber daya modal manusianya, karena itu negara manapun pendidikan merupakan salah satu industri jasa yang padat karya. Sebagai barang investasi pendidikan diharapkan tidak hanya memberikan kepuasan sesaat, tetapi mempunyai kapasitas jangka panjang untuk menghasilkan produk dan jasa yang lebih baik di masa yang akan datang.

Page 1 of 1 | Total Record : 10